Di Luar Banyak Prediksi, World Food Programme Raih Nobel Perdamaian 2020

India adalah rumah 1/4 dari kelaparan dunia
India adalah rumah 1/4 dari kelaparan dunia (Foto: World Food Programme)
Sharing for Empowerment

OSLO, KalderaNews.com – Hadiah Nobel Perdamaian resmi dianugerahkan kepada Program Pangan Dunia (World Food Programme-WFP) pada hari Jumat ini karena organisasi ini telah memberi makan pada jutaan orang dari Yaman hingga Korea Utara.

Keputusan ini jelas di luar banyak dugaan dan spekulasi. Terbukti sudah, banyak spekulasi nominasi-nominasi yang diunggulkan itu meleset. (Baca: Bakal Ada Kejutan, Inilah Kandidat yang Diunggulkan Sabet Nobel Perdamaian 2020).

WFP adalah “kekuatan pendorong dalam upaya untuk mencegah penggunaan kelaparan sebagai senjata perang dan konflik,” kata Ketua Komite Nobel, Berit Reiss-Andersen saat mengumumkan pemenangnya di Oslo.

“Ini adalah pengingat yang kuat bagi dunia bahwa perdamaian dan #ZeroHunger berjalan seiring,” kata organisasi yang berbasis di Roma itu di Twitter.

BACA JUGA:

Didirikan pada tahun 1961, badan PBB ini telah membantu 97 juta orang tahun lalu dengan mendistribusikan 15 miliar jatah makanan kepada orang-orang di 88 negara. Mereka mengantarkan makanan dengan helikopter, punggung gajah atau unta. WFP bangga menjadi “organisasi kemanusiaan terkemuka” di dunia, dimana dari sekitar 690 juta orang, satu dari 11nya pergi tidur dengan perut kosong.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*