Penghargaan Abel, Pengganti Nobel Bidang Matematika Selain Medali Fields

penghargaan Abel
Pernghargaan Abel merupakan penghargaan untuk bidang matematika. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hadiah Nobel memang tidak diberikan kepada para pakar Matematika, meskipun banyak matematikawan yang mendapatkan hadiah Nobel dari bidang yang lain. Sebagai gantinya, terdapat penghargaan Abel dari Raja Norwegia yang diberikan kepada matematikawan yang berjasa.

Penghargaan Abel ini diberikan sejak tahun 2003, walaupun telah diumumkan sejak dua tahun sebelumnya. Hadiah dari Raja Norwegia ini disebut-sebut sebagai Nobel-nya Matematika, sebab Nobel tidak memberikan penghargaan untuk bidang matematika.

Nama penghargaan ini diambil dari matematikawan Norwegia yang bernama Niels Henrik Abel (1802-1829). Diperlukan waktu satu abad untuk memutuskan pemberian hadiah ini sejak diinisiasi pada tahun 1902.

BACA JUGA:

Pada tahun 1902, Raja Oscar II dari Swedia dan Norwegia telah menunjukkan kesediaanya untuk membiayai hadiah matematika ini.

Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Norwegia ini awalnya sebesar 200 juta kroon Norwegia atau sekitar USD23 juta, tetapi sekarang penghargaannya sebesar sekitar USD1 juta. Jumlah yang hampir sama dengan hadiah Nobel.  Awalnya hadiah ini berasal dari yayasan Abel, tetapi sekarang hadiah tersebut dibiayai melalui anggaran nasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*