Kemenag dan Kemendikbudristek Bahas Penguatan Moderasi Beragama di Sekolah dan Kampus

Penguatan moderasi beragama di sekolah. (Ist.)
Penguatan moderasi beragama di sekolah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sedang membahas penguatan moderasi beragama di sekolah.

Direktur PAI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Amrullah mengatakan, program moderasi beragama penting dilakukan di sekolah. Karena, selain merupakan bagian dari program prioritas Kemenag, juga lantaran moderasi beragama adalah salah satu modal yang perlu dimiliki tiap individu dalam melaksanakan peran sosialnya di tengah masyarakat yang multikultural.

BACA JUGA:

Amrullah menyatakan, ada empat indikator moderasi beragama, antara lain komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, dan penerimaan atas tradisi.

“Nilai toleransi merupakan bagian penting dari moderasi beragama, karena kita hidup di sebuah alam yang transnasional dan bergerak sedemikian rupa karena itu diharapkan kita memiliki pondasi yang kuat,” kata Amrullah.

Program moderasi beragama Kemenag ini telah memperoleh dukungan dari Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada acara Aksi Moderasi Beragama tahun lalu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*