Volume Sampah di Indonesia Capai 18 Juta Ton, yang Terkelola Baru 73 Persen

Sharing for Empowerment

Namun begitu, kata Franka, bukan berarti masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengatasi tumpukan sampah. Menurutnya, yang dapat dilakukan adalah dengan mendorong anak-anak mengamalkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang salah satu prinsipnya adalah memiliki kesadaran lingkungan dengan perilaku positif,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kesadaran, pemahaman, dan kepedulian tentang pengelolaan sampah perlu ditanamkan sedini mungkin. Dengan begitu, lama kelamaan masyarakat dapat memahami dan terbiasa untuk mengolah sampah dengan tepat.

“Mulai hari ini kita harus mendorong anak usia dini untuk menerapkan edukasi penanganan sampah plastik secara optimal di satuan PAUD. Salah satu konsep penting yang perlu diajarkan kepada anak dalam mengurangi sampah adalah dengan menggunakan kembali dan mendaur ulang (recycle) produk yang berbahan baku plastik,” paparnya.

Prinsip dasar yang perlu ditumbuhkan di satuan pendidikan PAUD yakni bagaimana menumbuhkan kesadaran bahwa sampah berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*