Volume Sampah di Indonesia Capai 18 Juta Ton, yang Terkelola Baru 73 Persen

Sharing for Empowerment
Tumpukan sampah plastik di tepi pelabuhan
Tumpukan sampah plastik di tepi pelabuhan (KalderaNews/Ist)

Para pendidik maupun orang tua harus mengajarkan tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah. Berikutnya adalah dengan menggunakan kembali barang plastik yang masih bisa digunakan dan menghindari penggunaan plastik sekali pakai.

Dalam mendaur ulang plastik, anak-anak bisa diajarkan untuk berkreasi menghasilkan barang yang berguna dari sampah plastik yang ada di sekitarnya.

“Kita perlu memberikan contoh dan menjadi panutan yang baik bagi anak kita mulai dari perilaku kita sehari-hari. Perlu didorong sedini mungkin cara-cara dan ajakan dengan penyampaian yang menyenangkan. Oleh karena itu, saya berharap kita semua dapat mengambil pelajaran terkait praktik baik penanganan sampah plastik yang efektif dan berkelanjutan,” tutup Franka.

“Kepedulian masyarakat sedini mungkin terhadap lingkungan sekitar berkaitan erat dengan proses pembentukan karakter anak usia dini yang peduli dan cinta lingkungan. Nilai tersebut menjadi salah satu capaian yang diharapkan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*