Rumah Singgah Bung Karno di Padang Dirubuhkan Ekskavator, Mendikbudristek Ambil Langkah Hukum

Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno)
Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, akan mengambil langkah atas terjadinya pembongkaran bangunan cagar budaya yang merupakan tempat tinggal sementara Bung Karno (Presiden Soekarno), di Padang, Sumatera Barat.

Diketahui, rumah yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 12, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat itu kini tak bersisa. Tiga pekan lalu, ekskavator merubuhkan rumah yang didirikan pada 1930 ini.

Bangunan kuno ini bukan sekadar rumah biasa, tapi mengandung sejarah. Di rumah inilah, Soekarno pernah singgah selama tiga bulan ketika Jepang tiba di Indonesia pada 1942. Lahan bekas rumah ini akan dibangun gedung tiga tingkat.

BACA JUGA:

Sebenarnya rumah ini sudah ditetapkan menjadi cagar budaya di Kota Padang dengan No. Inventaris 33/BCBTB/A/01/2007. Itu berarti, rumah tersebut seharusnya tidak bisa dibongkar.

“Kemendikbudristek telah dan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencari solusi terbaik. Kami tengah mempertimbangkan langkah hukum, serta berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya,” ujar Menteri Nadiem.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*