Kisah Toleransi Lebaran di Dusun Krajan yang Mayoritas Beragama Buddha

Bhante Thitasaddho bersama umat Buddha mengucapkan selamat Idulfitri di halaman masjid di Dusun Krajan, Kalimanggis, Temanggung. (Dok.Kemenag)
Bhante Thitasaddho bersama umat Buddha mengucapkan selamat Idulfitri di halaman masjid di Dusun Krajan, Kalimanggis, Temanggung. (Dok.Kemenag)
Sharing for Empowerment

TEMANGGUNG, KalderaNews.com – Sabtu pagi, 22 April 2023, umat Islam di Dusun Krajan memadati Masjid Almuhajirin untuk menunaikan salat Idulfitri 1444 H.

Dusun Krajan terletak di Desa Kalimanggis, Temanggung, Jawa Tengah.

Mayoritas penduduk Dusun Krajan beragama Buddha. Prosentasenya mencapai 97%. Umat Muslim di dusun ini sekitar 2,5%. Sementara yang lain beragama Kristen dan Katolik.

BACA JUGA:

Lokasi Masjid Almuhajirin berjarak sekitar 500 meter dari Wisma Bhikku Jaya Wijaya.

Salat Idulfitri digelar tepat pukul 07.00 WIB. Setelah sekira 40 menit, salat pun usai.

Umat Islam keluar dari masjid seambar bersalam-salaman. Sementara Bhante Thitasaddho bersama umat Buddha yang lain, bersiap mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri di halaman masjid.

“Selamat merayakan Idulfitri Bapak dan Ibu, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua senantiasa bahagia bersama keluarga,” ucap Bhante Thitasaddho.

Dengan penuh senyum dan bahagia semua jemaah tampak menerima ucapan selamat dari Bhante Thitasaddho.

Sekretaris Desa Kalimanggis, Luwih, saat mendampingi Bhante Thitasaddho Masjid Almuhajirin menjelaskan, umat Buddha di daerahnya sudah biasa mengucapkan selamat kepada saudara Muslim yang merayakan Idulfitri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*