Tentara Gurkha Kesayangan Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pernah Berperang Melawan Indonesia

Ratu Elizabeth bersama Rambahadur Limbu (sebelah kiri) pada tahun 2018 di acara pemberian medali Victoria and George Cross.. Limbu yang adalah tentara Gurkha juga menerima Victoria Cross, yaitu penghargaan tertinggi pada bidang kemiliteran Britania Raya. (via amp.theguardian.com Foto oleh: John Stillwell/AFP/Getty)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Tahu tentara Gurkha kan guys? Itu lho, brigade tempur Angkatan Darat  Inggris yang ditakuti, yang personelnya direkrut dari Gurkha, Nepal. Mereka dikenal sebagai tentara yang loyal, profesional dan tidak takut mati.

Kehebatan mereka bertempur membuat Angkatan Darat Inggris merekrut mereka, lalu dikerahkan melawan musuh-musuh Inggris. Di antaranya meredam perlawanan Indonesia di tahun 1965, yang menentang kebijakan Inggris membentuk negara Malaysia.

Salah seorang tentara Gurkha yang turut berperang di pihak Inggris di era yang oleh Indonesia disebut konfrontasi, bernama Rambahadur Limbu. Ia bergabung dengan pasukan Inggris melawan pasukan Indonesia dalam perang Bau, di Kalimantan pada 1965.

BACA JUGA:

Dalam pertempuran tersebut, Limbu yang saat itu berpangkat kopral berhasil menyelamatkan dua tentara Inggris. Kisah keberaniannya sangat dikagumi menyebabkan Limbu mendapat anugerah Victoria Cross, medali kehormatan militer tertinggi di Inggris, dari Ratu Elizabeth II pada tahun 1966. Ia salah satu dari 23 penerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh sang Ratu di Istana Buckingham.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*