Perayaan 117 Tahun Puhua School Purwokerto, Pendidikan Tanpa Perbedaan

Siswa-siswi Puhua School bermain mainan tradisional. (Ist.)
Siswa-siswi Puhua School bermain mainan tradisional. (Ist.)
Sharing for Empowerment

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Puhua School Purwokerto merayakan 117 tahun berdiri, tepat 30 April 2023, menegaskan pendidikan tanpa perbedaan.

Puhua School bermula dari sekolah di Sokaraja pada 1906. Lantas “lahir kembali” pada 30 April 2006 di Purwokerto, Banyumas.

Sekolah Puhua mengusung pendidikan tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, Mandarin, dan Inggris.

BACA JUGA:

Namanya pun menjadi Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan atau akrab disebut Puhua School yang didirikan Yayasan Putera Harapan Banyumas (PHB).

Puhua lahir kembali

Bersama 1800 sekolah Tionghoa lainnya di seluruih Indonesia, Sekolah Puhua pernah dinonaktifkan dan membawa seluruh siswanya harus belajar di rumah.

Namun, 20 tahun berselang, oleh para alumninya Puhua dibangun kembali dengan tetap membawa filosofi “You Jiao Wu Lei” yang berarti “Pendidikan Tanpa Perbedaan”.

Sekolah ini dirintis oleh keluarga Tan Swie Sing. Jiwa pendidik dan semangat mengajar calistung inilah yang menjadi cikal bakal Sekolah Puhua dilanjutkan sang putera, Tan Hay Siang.

Merayakan satu abad lebih Sekolah Puhua, sepanjang April 2023, siswa-siswi Puhua School mengisi kegiatan dengan aktivitas belajar budaya. Mulai dari kentongan, jemparingan, membatik, hingga tarian lengger dan gamelan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*