Mahasiswa UKWMS Diajak Aktif Berdemokrasi Jelang Tahun Politik

Sharing for Empowerment

“Demokrasi di negara kita bukan hanya sekedar pemilu tetapi bagaimana kita harus bersuara, menyampaikan argumentasi serta peka dengan masalah-masalah bangsa yang terjadi hari ini” ujar Lani, Wakil Rektor UKWMS .

Dari keseluruhan warga civitas Widya Mandala, hampir separuh dari seluruh mahasiswa adalah pemilih pemula di perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mereka ini belum memiliki hak pilih pada Pemilu 2019 yang lalu. Oleh karena itu, tahun 2023 ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka untuk belajar dan mengakses informasi sebanyak mungkin agar dapat menjadi pemilih yang cerdas di tahun 2024.

“Diskusi seperti ini adalah kesempatan belajar dan berlatih bagi pemilih pemulai agar menjadi pemilih yang cerdas” kata Simon

Menjadi pemilih pemula di era digital yang banjir informasi, musuh utama mereka adalah hoaks, ujaran kebencian dan berita bohong sebagaimana sering terjadi dalam beberapa kali pemilu terakhir.

Sementara itu, bagi mereka, bukan hanya pemilu yang menjadi barang asing. Keberanian dan akses untuk menyampaikan kritik, saran, pendapat dan aspirasi kepada pemerintah mungkin juga merupakan barang baru. Hal ini dapat dimengerti mengingat para mahasiswa ini adalah mahasiswa yang survive di masa pandemi yang berjalan sekitar 3 tahun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*