Pembangunan Gedung SMP Tarakanita 2 Pluit Jakarta Berbalut Tradisi Jawa Munggah Molo

Acara pemberkatan pemasangan rafter atap gedung 5 lantai SMP Tarakanita 2 Pluit Jakarta pada Sabtu, 22 Juli 2023
Acara pemberkatan pemasangan rafter atap gedung 5 lantai SMP Tarakanita 2 Pluit Jakarta pada Sabtu, 22 Juli 2023 (KalderaNews/Dok. Tarakanita)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – SMP Tarakanita 2 Pluit Jakarta melaksanakan Perayaan Ekaristi dalam rangka pemberkatan pemasangan rafter atap gedung 5 lantai yang sedang dibangun.

Rafter merupakan kuda-kuda atau komponen penopang atap. Dalam bahasa Jawa disebut munggah molo yang berarti menempatkan kayu penyangga atap tertinggi pada bangunan.

Pembangungan gedung SMP Tarakanita 2 dimulai pada bulan November 2022. Proses pembangunan sudah sampai pada pemasangan rafter atap gedung.

BACA JUGA:

Dalam tradisi budaya di Indonesia khususnya di Jawa sebelum pemasangan rafter atau munggah molo dilakukan lebih dulu doa bersama sebagai ungkapan syukur serta mohon keselamatan dalam proses pembangunan hingga selesai pada waktunya.

Perayaan Ekaristi pada Sabtu, 22 Juli 2023 dipimpin oleh Pastor Leonardus Sugiyono, MSC Kepala Paroki Gereja Stella Maris Pluit. Acara dihadiri oleh Sr. Brigitta, CB dan Bapak Bambang Kristianto selaku Pengurus Yayasan Tarakanita.

Selanjutnya Kepala Biro, Kasub Biro Sarpras, Kepala Jenjang, para guru/karyawan dan para suster dari Komunitas Biara CB di Pluit serta segenap jajaran Direksi PT Multikon kontraktor pembangunan gedung SMP Tarakanita 2.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*