30.917 SD-SMA dan 1.199 Lembaga Pendidikan Kesetaraan Dapat Dana BOSP Kinerja, Ini Besarannya

Sharing for Empowerment

Ini juga termasuk lembaga pendidikan dari kelompok sosial-ekonomi terbawah yang mengalami perkembangan.

Dalam upaya mendorong perbaikan berkelanjutan, pemerintah memberikan apresiasi dalam bentuk BOSP Kinerja kepada lembaga pendidikan dengan pencapaian unggul berdasarkan Rapor Pendidikan.

Anindito menyatakan harapannya bahwa lembaga pendidikan dapat merencanakan anggaran dengan bijak dan efektif sesuai kebutuhan mereka.

Klaster Program BOSP Kinerja

Program BOSP Kinerja memberikan apresiasi kepada lembaga pendidikan melalui empat klaster.

  • Klaster pertama adalah lembaga pendidikan dengan pencapaian tertinggi dalam Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2022 di setiap kota/kabupaten.
  • Klaster kedua adalah lembaga pendidikan dengan kemajuan terbaik dalam AN (peningkatan dari 2021 ke 2022) di setiap kota/kabupaten.
  • Klaster ketiga adalah lembaga pendidikan dengan pencapaian AN tertinggi pada 2022 dari kelompok sosial-ekonomi rendah.
  • Klaster keempat adalah lembaga pendidikan dengan kemajuan terbaik dalam AN (peningkatan dari 2021 ke 2022) dari kelompok sosial-ekonomi rendah.

Praptono, Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), menekankan bahwa Dana BOSP merupakan alat pendanaan pendidikan yang bertujuan untuk memastikan transformasi pendidikan di lembaga pendidikan.

Program BOSP Kinerja Berkemajuan Terbaik ditambahkan pada tahun 2023 untuk mendorong kompetisi positif dan memberikan penghargaan kepada lembaga pendidikan dengan kinerja baik.

Dengan penambahan target ini, anggaran Dana BOSP Kinerja meningkat sekitar Rp1,1 triliun dari tahun sebelumnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*