Heboh, Pemenang Hadiah Nobel Kimia 2023 Bocor Sebelum Diumumkan, Penyelidikan Dilakukan

Ilustrasi Hadiah Nobel (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi Hadiah Nobel (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Media Swedia ramai-ramai memberitakan kebocoran data pemenang Hadiah Nobel Kimia 2023. Ini sebuah tragedi karena kebocoran terkait pemenang Nobel jarang terjadi dan berbagai akademisi yang terlibat dalam pemberi hadiah berusaha keras untuk merahasiakan nama-nama pemenang sampai pengumumannya diumumkan.

Namun entah mengapa kebocoran data pemenang Hadiah Nobel Kimia 2023 bisa bocor sebelum diumumkan. Media Swedia pun ramai-ramai memberitakan apa yang mereka laporkan sebagai nama-nama penerima hadiah Nobel kimia tahun ini yang telah bocor beberapa jam sebelum pemenangnya diumumkan.

Dagens Nyheter dan Lembaga Penyiaran Publik Swedish Television dan Swedish Radio melaporkan menerima siaran pers dari Royal Swedish Academy of Sciences yang menyebutkan nama tiga ahli kimia yang berbasis di AS.

BACA JUGA:

“Kami tidak dapat mengomentari hal ini sampai kami tahu apa yang terjadi, kami harus menyelidikinya,” kata juru bicara Akademi Eva Nevelius superit dikutip AFP.

Menurut laporan Swedia, pemenangnya adalah Moungi Bawendi dari Massachusetts Institute of Technology, Louis Brus dari Columbia University dan Alexei Ekimov yang bekerja di Nanocrystals Technology persis dengan nama-nama yang diumumkan secara resmi oleh pihak panitia Nobel.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*