6 Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Pahami Yuk!

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comMenyusun skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa memang merupakan hal yang menantang. Inilah perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Lika liku penyusunannya dimulai sejak menentukan judul dan pembimbing, menentukan metode penelitian yang akan dipakai dan membuat alat ukur dan diakhiri dengan sidang hasil.

Jenis penelitian yang umum untuk mahasiswa tingkat S-1 dan S-2 adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif.

BACA JUGA:

Inilah perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif:

Cara Memandang Fakta

Perbedaan peneilitan kualitatif dan kuantitatif yang pertama adalah bahwa penelitian kuantitatif memandang fakta atau kebenaran sebagai objek penelitian di luar sana.

Peneliti harus netral dan tidak memihak. Penelitian kuantitatif berangkat dari teori menuju data.

Sedangkan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memandang fakta atau kebenaran tergantung pad acara peneliti menginterpretasikan data tersebut.

Penelitian ini berangkat dari data yang kemudian dijelaskan dengan teori yang relevan.

Pengumpulan Data

Data penelitian kuantitatif dikumpulan dengan serangkaian instrumen penelitian berupa tes atau kuesioner.

Data yang terkumpul kemudian dikonversikan menggunakan kategori atau kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Bila kualitatif, peneliti lebih berfokus pada sesuatu yang tidak bisa diukur oleh garis tegas kebenaran, maka dalam penelitian ini peneliti bisa mengorek sedalam mungkin satu atau dua hal tertentu.

Analisis Data Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Analisis data penelitian kuantitatif dilakukan untuk menjawab hipotesis penelitian dengan cara melakukan analisis statistik berdasarkan data dari instrument penelitian.

Sedangkan penelitian kualitatif dianalisis tidak dari hipotesisi penelitian melainkan dari rumusan masalah.

Representasi Data

Hasil penelitian kuantitatif dipresentasikan dalam bentuk hasil penghitungan matematis. Hasil penghitunagn dianggap sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi.

Sedangkan hasil penelitian kualitatif berupa interpretasi peneliti akan sebuah fenomena, sehingga laporan penelitian akan lebih banyak mengandung jawaban atas pertanyaan mengapa peneliti benar, apa dan siapa saja yang mendukungnya.

Implikasi Hasil Riset

Hasil penelitian kuantitatif berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum. Sedangkan hasil penelitian kualitatif memiliki implikasi yang terbatas pada situasi-situasi tertentu, sehingga tidak bisa digeneralisasi.

Jenis Metode Penelitian yang Digunakan

Penelitian kuantitatif merupakan eksperimen, survey, korelasi, regresi, analisis jalur, expost facto. Sedangkan pada penelitian kualitatif menggunakan fenomenologi, etnograsi, studi kasus, historis, grounded theory.  

Berdasarkan gambaran singkat perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif tersebut di atas, mana yang akan kamu pilih sebagai metode penelitian untuk skripsimu tahun ini?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*