Claudia Goldin Memenangkan Nobel Ekonomi 2023

Pemenang Nobel Ekonomi 2023, Claudia Goldin
Pemenang Nobel Ekonomi 2023, Claudia Goldin (Foto: BBVA Foundation)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Pemenang Nobel Ekonomi tahun ini, Claudia Goldin, memberikan laporan komprehensif pertama mengenai pendapatan perempuan dan partisipasi pasar tenaga kerja selama berabad-abad.

Dengan menelusuri arsip dan mengumpulkan serta mengoreksi data sejarah, Goldin mampu menyajikan fakta-fakta baru yang seringkali mengejutkan.

Fakta bahwa pilihan-pilihan perempuan sering kali, dan masih tetap, dibatasi oleh pernikahan dan tanggung jawab terhadap rumah tangga dan keluarga, merupakan inti dari analisis dan model penjelasannya.

BACA JUGA:

Wawasannya menjangkau jauh melampaui batas Amerika dan pola serupa telah diamati di banyak negara lain. Penelitiannya memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang pasar tenaga kerja di masa lalu, hari ini, dan masa depan.

Sebelumnya, ekonom tenaga kerja AS Claudia Goldin, seorang profesor di Harvard, memang difavoritkan untuk memenangkan penghargaan ini.

Dari semua penerima Nobel, bidang ekonomi ini memiliki jumlah perempuan paling sedikit yang pernah meraihnya, yaitu hanya dua orang sejak pertama kali diberikan pada tahun 1969, yakni Elinor Ostrom pada 2009 dan Esther Duflo pada 2019. Dengan ini maka Goldin menjadi orang ketiga yang mendapatkan Nobel Ekonomi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*