Dosen-Mahasiswa IAKN Palangka Raya Lakukan Penelitian Lapangan Sintesa Adat dan Alam Semesta

Desa Lenggang, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur
Para peneliti di Desa Lenggang, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur (KalderaNews/Dok Pribadi)
Sharing for Empowerment

PALANGKA RAYA, KalderaNews.com – Setiap tahun Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya atau IAKN Palangka Raya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) bersinergi dengan penelitian lintas kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah.

Alfonso Munte, M.Pd.K, dosen filsafat dengan satuan kerja IAKN Palangka Raya, Kementerian Agama Republik Indonesia dan Handriantu, mahasiswa Pendidikan Musik Gereja yang berasal dari IAKN Palangka Raya sekaligus warga Desa Lenggang, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur turut serta melakukan penelitian bertajuk Penanaman Padi (Muau/Nugal) di desa Lenggang pada Senin, 25 September 2023 lalu.

Tochid Prasetyo selaku Damang di Desa Lenggang mengatakan bahwa Desa Lenggang merupakan satu-satunya desa dari 9 desa di Kecamatan Raren Batuah yang masih memelihara tradisi menanam padi daratan pegunungan atau pemeliharaan tradisi peladang.

BACA JUGA:

Menjaga tradisi dan perawatan lingkungan

Penghargaan dan perlindungan adat Dayak Ma’anyan, termasuk tradisi berladang menurut Prasetyo yang berasal dari Dayak Ma’anyan tersebut aktif pada tanggal 1 Januari 2014 dengan terbitnya Surat Keputusan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*