Hore, Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi

Peringkat Indonesia pada PISA 2022. (kalderanews.com)
Peringkat Indonesia pada PISA 2022. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 jika dibandingkan tahun 2018. Ini penjelasan Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Kemendikbudristek merilis hasil studi PISA 2022, Selasa, 5 Desember 2023.

Hasil studi PISA 2022 menunjukkan bahwa peringkat hasil belajar literasi Indonesia naik 5 sampai 6 posisi dibanding PISA 2018.

BACA JUGA:

Untuk literasi membaca, peringkat Indonesia di PISA 2022 naik 5 posisi dibanding sebelumnya.

Literasi matematika, peringkat Indonesia di PISA 2022 juga naik 5 posisi. Sementara, literasi sains naik 6 posisi.

Skor literasi membaca internasional PISA 2022 rata-rata turun 18 poin, sedangkan skor Indonesia mengalami penurunan sebesar 12 poin, atau penurunan dengan kategori rendah dibandingkan negara lain.

Peningkatan ini adalah capaian tertinggi secara peringkat (persentil) dalam sejarah Indonesia mengikuti PISA.

Menteri Nadiem menyampaikan bahwa peningkatan peringkat ini menunjukkan ketangguhan pendidikan Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Ketangguhan sistem pendidikan Indonesia

Sementara, Direktur untuk Pendidikan dan Keterampilan, Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Cooperation and Development, OECD), Andreas Schleicher, memuji ketangguhan sistem pendidikan Indonesia saat pandemi Covid-19.

“Selamat kepada Indonesia yang telah berhasil menjaga kualitas hasil pembelajaran. Hasil PISA ini menunjukkan bahwa para guru memberi dukungan yang baik bagi para murid selama pandemi,” katanya.

Indonesia mengikuti PISA sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2000.

Dengan ikut dalam PISA memungkinkan Indonesia memantau kualitas pendidikan dari waktu ke waktu dan membandingkannya dengan negara lain.

PISA digelar setiap tiga tahun oleh OECD untuk mengukur literasi membaca, matematika, dan sains pada murid berusia 15 tahun.

Pada 2022, PISA diikuti oleh 81 negara, yang terdiri atas 37 negara OECD dan 44 negara mitra.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*