Kamu Gagal di SNBP 2024? Pertimbangkan 5 Jalur Alternatif Berikut Ini

Ilustrasi: Tidak Lolos SNMPTN dan SBMPTN. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang belum beruntung di SNBP, jangan patah semangat. Karena SNBP bukan jalur satu-satunya untuk kamu berkuliah.

Nah, masih ada 5 jalur alternatif seleksi masuk perguruan tinggi jika kamu gagal SNBP 2024 yang bisa kamu coba!

Penasaran apa saja jalur seleksinya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA

Alternatif Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Selain SNBP

1. Seleksi UTBK-SNBT 2024

Pendaftaran untuk UTBK-SNBT 2024 telah dibuka bagi siswa kelas 12 yang tidak mengikuti SNBP, serta bagi siswa gap year tahun 2022 dan 2023, dan lulusan paket C.

Namun, peserta SNBP 2024 baru dapat mendaftar setelah pengumuman hasil seleksi mereka pada Selasa, 26 Maret pukul 15.00 WIB.

Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui Portal SNPMB di tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SNPMB yang telah didaftarkan sebelumnya.

Untuk SNBT 2024, siswa dapat memilih hingga 4 program studi di 4 PTN dengan batasan tertentu. Jangan lewatkan batas waktu pendaftaran hingga 5 April 2024, ya!

2. UM-PTKIN 2024

Mirip dengan SNBT, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) adalah seleksi nasional mahasiswa baru untuk masuk perguruan tinggi Islam negeri di seluruh Indonesia. Pendaftarannya akan dibuka pada 17 April 2024 mendatang di tautan https://um.ptkin.ac.id/.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*