Aktuaria, Prodi Baru Jadi Favorit Calon Mahasiswa

Ilustrasi: Aktuaria Program Studi Favorit Calon Mahasiswa. (Ist.)
Ilustrasi: Aktuaria Program Studi Favorit Calon Mahasiswa. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, tren program studi favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa belum bergeser. Dalam dua sampai tiga tahun terakhir, ada program studi (prodi) yang tergolong baru, dengan peminat yang tinggi, yaitu aktuaria.

BACA JUGA:

“Aktuaria itu sudah jadi prodi favorit. Jumlah pendaftar tinggi. Aktuaria itu gabungan antara akuntansi dengan matematika. Sifatnya bicara data, banyak statistik, lalu memprediksi. Aktuaria banyak digunakan untuk asesmen asunrasi, dan sebagainya,” ujar Budi Prasetyo.

Aktuaria merupakan ilmu pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang, kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Beberapa perguruan tinggi yang membuka program studi Aktuaria, antara lain Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang digelar LTMPT, prodi Aktuaria masuk kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*