Kezia Tanesha Susanto: Tips Lulus SMA Langsung Dapat Beasiswa Hingga Master di Oxford

Kezia Tanesha Susanto (18), alumni PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) berhasil kuliah di University of Oxford dengan beasiswa penuh Jardine Scholarship
Kezia Tanesha Susanto (18), alumni PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) berhasil kuliah di University of Oxford dengan beasiswa penuh Jardine Scholarship (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kezia Tanesha Susanto (18), alumni PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG), berhasil mendapatkan beasiswa hingga master di University of Oxford dengan beasiswa penuh Jardine Scholarship.

Ia mengaku tahu untuk pertama kalinya universitas yang ternama dan terkenal di dunia ini melalui kakaknya yang saat ini memang sudah kuliah di sana.

“Saya mengetahui aplikasi beasiswa ke Oxford University dari kakak saya yang saat ini sudah kuliah di sana sejak 2 tahun lalu. Saya juga banyak dibantu pihak sekolah (guru counselor) yakni Ms. Santi yang menginformasikan dari awal kapan aplikasinya dibuka dan kapan mendaftar di websitenya.”

BACA JUGA:
Gokil Abis, Siswi PENABUR ini Dapat Beasiswa Penuh Hingga Master di University of Oxford
Aussielia Amzulian: Tips Mendapatkan Beasiswa StuNed
Memperoleh Beasiswa Erasmus+ Adalah Mimpi Saya

Selanjutnya, ia melakukan registrasi dengan prediksi score A Level dari cambridge curriculum yang dimilikinya dan mengikuti serangkaian tes fisika hingga tahap interview.

“Interviewnya ada dua cara yaitu ke UKnya langsung atau via Skype. Karena di Indonesia, saya pakai Skype.”

Setelah melalui serangkaian tes dan interview, gadis berusia 18 tahun yang baru lulus ini dinyatakan diterima di University of Oxford untuk jurusan engineering (teknik).

“Saya ambil 4 tahun setelah lulus langsung bergelar master. Setelah lulus, saya ingin kerja di perusahaan besar seperti Rolls-Royce atau Airbus. Saya nggak mau hanya kerja saja. Saya mau jadi key person. Saya ingin menjadi orang yang important dan bener-bener membantu company itu untuk meraih sukses,” tandasnya saat berbicara pada KalderaNews.

“Nggak papa saya mulai dari awal. Nggak papa saya dari nol. Saya akan buktikan kalau saya bisa kerja, saya bisa menjadi leader yang baik dan menjadi ambassador of my country. Saya ingin bekerja menjadi wanita karir. Saya ingin memberitahu pada semua orang kalau perempuan Indonesia juga bisa bekerja dan memimpin dengan baik,” imbuhnya.

Ia lantas berpesan bagi siapa pun yang ingin kuliah ke luar negeri dengan beasiswa untuk benar-benar passion dengan dengan mata pelajaran yang disukai.

“Kalian harus punya passion karena orang-orang yang mau menerima murid itu nggak hanya liat dari otak doang. Loe pinter, loe jago fisika, loe jago matematika, tapi mereka tuh lihat apakah kamu itu passioned, apakah kamu suka dengan pelajaran yang kamu ambil.”

“Kalau kamu suka. Kalau kamu bener-bener punya yang kamu sukai, kamu akan tahu banyak. Kamu pasti akan terlihat semangat pada saat ditanya soal itu. Itulah yang sebenarnya mereka mau. Mereka suka sama anak yang passion,” pungkasnya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*