3 Tips Memilih SMK




Ilustrasi: Praktik SMK

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah Menengah Kejuruan alias SMK merupakan jenjang pendidikan menengah setara SMA. Ada beragam jenis SMK, seperti SMEA, SMKK, SMEA Sore, STM, dan lain-lain. Bedanya pada jurusan yang disediakan. SMK mendidik peserta didik agar langsung bisa siap kerja sesuai dengan keahlian. SMK juga biasa disebut sebagai pendidikan vokasi.

Nah, bagi kamu yang sedang berada di jenjang pendidikan SMP dan ingin melanjutkan ke SMK, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

Kenali Bakat dan Minat
Lantaran SMK menyediakan beragam jurusan, kamu mesti mengenali bakat dan minat kamu terlebih dahulu, sebelum memilih SMK dan jurusannya. Misal kamu gemar memasak, kamu bisa memilih SMK yang menyediakan jurusan tata boga. Ada berjenis jurusan di SMK seperti administrasi, akuntansi, tata rias, teknik kendaraan ringan, teknik alat berat, dan lain-lain. Maka, kamu mesti memilih sesuai dengan bakat dan minat kamu. Belajar di SMK memang menyiapkan lulusan yang siap kerja. Namun, bukan hal yang mustahil jika selepas SMK, kamu bisa membuka usaha sendiri alias menjadi wirausaha.

BACA JUGA:

Diskusikan dengan Orangtua
Agar kamu lebih mantap dalam memilih SMK, sebaiknya kamu bicarakan dengan orangtua kamu tentang pilihan-pilihan kamu. Orangtua pasti akan memberikan nasihat yang tentunya demi kebaikan masa depan kamu. Selain itu, kamu juga memperhatikan kondisi keuangan keluargamu. Pilihan kamu tentu juga mesti disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluargamu.

Mencari Informasi
Saat ini bukan hal yang susah dalam mencari dan menggali aneka informasi tentang SMK. Kamu bisa mencari secara online, atau berbincang dengan teman, kakak kelas, atau para alumni SMK. Ini tentu akan kian memantapkan pilihan kamu masuk ke SMK.

So, itulah beberapa tips bagi kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke SMK. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*