Bagi Mahasiswa, Inilah Cara Cerdas Menghemat Uang Bulanan




Ilustrasi: cara hemat mahasiswa

JAKARTA, KalderaNews.com – Uang bulanan yang pas-pasan, tak mesti membuat mahasiswa hidup menderita. Ada lho cara cerdas agar kamu bisa menghemat uang bulanan. Nah, berikut tipsnya:

Cerdas Merencanakan
Tapah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat perencanaan pengeluaran selama satu bulan ke depan. Buatlah catatan dengan detail tentang pengeluaran kamu. Pisahkan uang yang telah kamu alokasikan untuk pengeluaran di rekening yang berbeda.

Cerdas Cari Beasiswa
Aktiflah mencari beasiswa. Banyak sekali sumber beasiswa yang bisa kamu dapatkan, entah di kampus ataupun di luar kampus. Nah, biasanya syarat utama beasiswa adalah prestasi akademik. Maka, kejarlah prestasi akademik kamu dengan belajar sungguh-sungguh.

BACA JUGA:

Cerdas Cari Sampingan
Banyak pekerjaan parah waktu yang membuka lowongan bagi mahasiswa. Dengan kerja paruh waktu, kamu bisa mengatur jadwal kuliah dengan kerja. Tapi, jangan sampai bentrokan, apalagi mengabaikan kuliah kamu. Karena yang utama adalah kuliah. Atau jika ada peluang menjadi asisten dosen sebaiknya diambil, karena kamu akan terus terpacu untuk belajar. Dengan kerja paruh waktu, selain mendapatkan upah untuk menambah pendapatan, kamu juga mendapatkan pengalaman kerja yang pasti akan bermanfaat kelak.

Selain kerja paruh waktu, kamu juga bisa menjajal bisnis kecil-kecilan secar online, sehingga tak terlalu menyita waktu kuliah kamu. Selain belajar berwirausaha, dengan berbisnis, kamu akan belajar mengelola keuangan dengan baik.

Cerdas Cari Bahan Kuliah
Untuk mendapatkan buku-buku bahan kuliah, kamu bisa meminjam dari kakak kelas atau di perpustakaan. Nah, jika ada versi ebook, lebih baik download saja. Jika harus membeli, sebaiknya beli yang bekas, toh yang penting ilmu di dalamnya.

Cerdas Cari Kos-kosan
Carilah kos-kosan yang dekat dengan kampus, sehingga jamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi. Meskipun mungkin akan lebih mahal sedikit, namun kos-kosan yang dekat dengan kampus akan lebih menghemat uang bulanan kamu. Selain itu, untuk menghemat uang bulanan, kamu mesti hidup secara mandiri, missal mencuci baju sendiri atau jika bisa masak lebih baik memasak sendiri daripada beli di warung.

Cerdas Berkegiatan
Carilah komunitas atau kegiatan yang menunjang kuliah atau bakat dan minat kamu. Daripada jalan-jalan atau nongkrong tak jelas, lebih baik mengisi waktu luang dengan berkegiatan yang bermanfaat.

Nah, itulah beberapa tips cerdas agar uang bulanan kamu aman sentosa. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*