Kritik dan Pujian Gaya Berpakaian Mendikbud Nadiem




Gaya berpakaian Mendikbud Nadiem Makarim saat pelantikan Rektor UI. (Ist.)
Gaya berpakaian Mendikbud Nadiem Makarim saat pelantikan Rektor UI. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, lagi-lagi bikin heboh. Gaya berbusananya menjadi sorotan kala menghadiri pelantikan Profesor Ari Kuncoro sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI), beberapa waktu lalu. Hadir acara resmi, Nadiem mengenakan kemeja tenun yang lengannya digulung, dipadu jeans dan sepatu loafers berbahan suede.

BACA JUGA:

Sontak, gaya berpakaian Nadiem mengundang kritik, seperti dari politikus Marzuki Alie. Lewat cuitannya di Twitter, mantan Ketua DPR-RI itu menyoal i busana Nadiem Makarim yang terlalu santai dalam sebuah acara resmi. Meski demikian, ada pula yang memuji cara berbusana Nadiem.

Namun, pihak UI tak mempermasalahkan gaya pakaian Nadiem. Menurut Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti, Nadiem hadir sesuai dress code yang tertera di undangan, yakni menggunakan batik.

Sementara, desainer Musa Widyatmodjo melihat bahwa melalui cara berpakaian, Nadiem ingin menyampaikan citra dirinya sebagai menteri milenial. “Yang ingin disampaikan ialah kesan muda, kasual, bersahaja, serta tidak protokoler,” ujarnya.

Namun, Musa Widyatmodjo juga mengingatkan bahwa gaya berbusana yang di luar kebiasaan bisa memunculkan reaksi, baik yang positif maupun negatif. Ia berkata, di balik suatu profesi atau jabatan selalu ada risiko, termasuk cara berbusana yang kadang mesti mengikuti tata aturan. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*