5 Profesi Paling “Hot” Versi Mendikbud Nadiem Makarim

5 profesi paling diminati versi Mendikbud Nadiem Makarim. (repro:Prayogo/Kalderanews.com)
5 profesi paling diminati versi Mendikbud Nadiem Makarim. (repro:Prayogo/Kalderanews.com)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa ada lima pekerjaan yang sedang ‘hot’ di Indonesia saat ini. ‘Hot’ dalam arti paling banyak dibutuhkan. Pekerjaan itu adalah analis data, peneliti atau periset, UX desainer, software engineer, dan product management.

BACA JUGA:

“Itulah lima pekerjaan yang paling ‘hot’ di Indonesia saat ini,” tegas Nadiem. Ia pun mengajak milenial untuk menekuni lima bidang tersebut, lantaran peluang kerjanya amat besar. “Saya jamin, siapa pun yang di bidang itu, nggak mungkin nggak dapat kerjaan,” ujarnya meyakinkan.

Analis Data
Analis data merupakan profesi yang berkaitan dengan analisis data. Profesi ini menuntut seseorang memahami asal-usul data serta cara menganalisis data-data tersebut menjadi informasi yang berguna. Banyak perusahaan saat ini membutuhkan profesi ini untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka.

Jika tertarik dengan profesi ini, kamu mesti mendalami ilmu matematika dan statistik. Namun, itu saja belum cukup. Kamu masih perlu membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan mengolah data, terutama secara digital, serta mampu menyajikan informasi berdasar hasil analisis data tersebut.

Peneliti atau Periset
Profesi ini juga semakin diminati oleh perusahaan. Hampir sama dengan analis data, profesi ini juga mesti memiliki kemampuan dalam mencari dan mengolah data. Selain itu, kemampuan yang harus dimiliki seorang peneliti atau periset adalah merancangan atau merencanakan pencarian data di lapangan.

UX Desainer
User Experience (UX) Desainer merupakan profesi yang menentukan suatu aplikasi dan atau situs bisa beroperasi dengan mudah. Profesi ini bekerja berlandaskan hasil riset supaya aplikasi dan situs yang dirancang efektif. Selain itu, UX Desainer juga bertanggung jawab mendesain interface untuk perangkat lunak komputer, ponsel pintar, serta yang lain.

Software Engineer
Software Engineer adalah profesi yang mengembangkan, memelihara, menguji, serta melakukan evaluasi pada perangkat lunak komputer. Di era digital saat ini, profesi ini memang amat dibutuhkan oleh perusahaan.

Product management
Product management merupakan bidang yang sudah ada sejak 15 tahun yang lalu. Bidang ini kian diminati, lantaran perkembangan teknologi yang semakin pesat di dunia bisnis. Seorang Product Manager bertugas menghasilkan dan membuat inovasi produk dengan kualitas yang baik, beserta strategi bisnis produk tersebut

Nah, itulah 5 profesi paling ‘hot’ menurut Mendikbud Nadiem. Kamu pilih yang mana? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*