KSN-SD 2020 di Surabaya pada 21-27 Juni 2020 Mendatang Ditunda Karena Corona

Peserta OSN IPA dan Matematika 2019 Tingkat SD di Yogyakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang bekerjasama dengan BNN dan Yayasan Sahabat Putra menggelar Gerakan Anti-Narkoba bersama Kapten BeNN. Kegiatan ini digelar di sela-sela kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD di Ruang Orchid 1&2, The Rich Hotel, Yogyakarta (KalderaNews/ditpsd.kemdikbud.go)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) yang telah dirintis sejak tahun 2003 menjadi Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD (KSN-SD).

Rencananya, KSN-SD tingkat nasional ini dilaksanakan pada 21-27 Juni 2020 di Surabaya, Jawa Timur. Seperti halnya OSN, bidang yang dilombakan dalam KSN-SD Tahun 2020 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). (JADWAL TERBARU KSN 2020: KSN Jenjang SD, SMP, SMA 2020 Dihelat Secara Daring pada Oktober-November 2020 Berikut Jadwal Terbarunya)

Tema Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 adalah “Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”.

BACA JUGA:

Sayangnya, kompetisi ini ditunda karena wabah Covid-10 setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (PPN) menegaskan menunda semua kegiatan lomba pada 2020 ini karena Covid-19.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (PPN), Dr. Ir. Bastari, M.A melalui surat edaran No. 0093/J3/TU/2020 menyampaikan penundaan kegiatan lomba-lomba tahun 2020 (BACA: Semua Kompetisi, Lomba, dan Festival SD Sampai Perguruan Tinggi Ditunda Karena Covid-19 ) Semua Kompetisi, Lomba, dan Festival SD Sampai Perguruan Tinggi Ditunda Karena Covid-19)

Ia menegaskan semua kegiatan kompetisi, lomba, dan festival mulai dari jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Tinggi ditunda pelaksanaanya.

Penelusuran KalderaNews pada Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 disebutkan peserta didik yang berhak ikut kompetisi ini adalah peserta didik SD dan atau sederajat yang telah lolos seleksi KSN-SD tingkat provinsi. Artinya, sudah lolos seleksi tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi.

Selain itu, peserta didik juga pernah meraih medali emas, perak, perunggupada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda dan pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Pada 2020 ini peserta KSN-SD tingkat nasional akan berjumlah 136 peserta didik untuk bidang Matematika dan 136 peserta didik untuk bidang IPA berdasarkan ketentuan: 68 peserta didik berdasarkan peringkat nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik. Dua peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi. Oleh karena itu, setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 peserta didik dan maksimal 5 peserta didik untuk masing-masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*