TOP CSR Awards 2020 Dihelat di Tengah Pandemi Covid-19, Seperti Ini Suasananya

TOP CSR Awards 2020 dihelat dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 di Sultan Hotel Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020
TOP CSR Awards 2020 dihelat dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 di Sultan Hotel Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020 (KalderaNews/Dok. TOP CSR Awards 2020)

JAKARTA, KalderaNews.com – TOP CSR Awards 2020 dihelat dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di Sultan Hotel Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020. Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2020 sekaligus Pemimpin Redaksi majalah Top Business, Moh Lutfi Handayani menjelaskan TOP CSR Awards 2020 diikuti 120 perusahaan finalis dari 200 perusahaan. Jumlah ini meningkat dari tahun yakni sebanyak 72 Finalis dari 150 perusahaan.

Ia menambahkan kegiatan tahunan TOP CSR Awards ini tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/PKBL/Community Development yang efektif dan berkualitas saja, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran bersama bagi para peserta untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Ditambahkan Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2020, Mas Achmad Daniri, proses penilaian dan penentuan pemenang dilakukan dengan mengacu pada tingkat adopsi CSR perusahaan terhadap ISO 26000 Social Responsibility, keselarasan program CSR strategi bisnis perusahaan dan bagaimana prinsip-prinsip GCG melandasi pelaksanaan program-program CSR perusahaan.

BACA JUGA:

Beberapa perusahaan yang memiliki CSR terbaik diantaranya adalah Kideco Jaya Agung, Geo Dipa Energi, Pengerukan Indonesia (Rukindo), Rekayasa Industri, PLN, Kereta Api Indonesia, Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Pelabuhan Indonesia IV, Borneo Indobara, Pelabuhan Indonesia I, dan Pupuk Indonesia.

Selain itu, ada pula Bank BRI, Hutama Karya, Mowilex Indonesia, Perkebunan Nusantara III, Softex Indonesia, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Petrokimia Gresik, Asmin Bara Bronang, MNC Group, dan Air Nav Indonesia, juga mendapat penghargaan terbaik dalam TOP CSR Awards 2020 ini.

Di ajang ini juga direlaunching Leader-Forum for Sustainable Development (LSD) guna meningkatkan komunikasi dan kerjasama para leader atau pimpinan mulai dari direksi, komisaris, sekretaris perusahaan, pimpinan unit CSR, pimpinan organisasi dan instansi pemerintahan untuk bisa menjalankan tanggung jawab sosial yang efektif dan berkualitas.

Beberapa pejabat negara hadir untuk memberikan keynote speech mulai dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Muhadjir Effendi mewakili Wakil Presiden RI yang berhalangan hadir, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, & Transmigrasi RI, A. Halim Iskandar dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, Alue Dohong.

Menko PMK di acara ini menegaskan pentingnya peran perusahaan melalui program CSRnya untuk bersinergi dengan pemerintah guna mengatasi permasalahan bersama, terutama terkait dengan permasalahan ekonomi dan sosial akibat dari pandemi COVID-19, A. Halim Iskandar juga menyampaikan perlunya kolaborasi CSR antar perusahaan untuk mempercepat pembangunan desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi dan Alue Dohong mendorong agar CSR-CSR perusahaan dapat ditingkatkan efektivitas pelaksanaannya untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui pembinaan ekonomi dan sosial masyarakat di sekitar hutan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*