Ragam Jenis Guru di Indonesia, Selamat Hari Guru Sedunia!

Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia dalam Bahasa Inggris (KalderaNews/Ist)
Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia dalam Bahasa Inggris (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Guru Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 5 Oktober. Kalau di Indonesia, hari guru diperingati setiap 23 November. Keduanya memiliki tujuan untuk mengapresiasi, mendukung, dan mendorong kualitas guru di seluruh dunia, termasuk Indonesia, supaya pendidikan terus maju.

Sejak diresmikannya Program Indonesia Pintar, maka anak-anak Indonesia wajib belajar selama 12 tahun, bukan lagi 9 tahun. Sejak SD, SMP, hingga SMA, para murid di Indonesia berinteraksi dengan beragam jenis guru. Terdapat penggolongan jenis guru menurut peraturan Kemendikbud Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Guru Bimbingan dan Konseling

Guru bimbingan dan konseling/konselor merupakan guru yang bertugas pada kegiatan konseling siswa pada jenjang pendidikan dasar yakni SMP/MTS/SMPLB dan pendidikan menengah SMA/MA/SMALB, SMK/MAK. Biasanya, guru ini berlokasi di kantor Badan Konseling atau akrab disingkat BK.

BACA JUGA:

Guru Mata Pelajaran

Guru mata pelajaran merupakan guru yang bertanggung jawab langsung dengan subyek pelajaran. Guru ini mengajar dan mengawasi murid pada 1 mata pelajaran yang diempunya.

Guru Kelas

Guru kelas bertugas sebagai wali kelas. Guru ini memiliki tugas, tanggung jawab, dan wewenang pada seluruh proses pembelajaran di dalam kelas. Guru kelas bisa menjadi guru mata pelajaran, kecuali subyek pendidikan jasmani dan kesehatan serta guru pendidikan agama

Guru merupakan profesi pahlawan tanpa tanda jasa. Sudah sewajibnya bagi siswa untuk menghormati guru layaknya hormat kepada orang tua sendiri. Tanpa guru, maka tidak ada pengalaman kehidupan yang dapat murid ambil. Tanpa guru, maka siswa tidak bisa baca tulis dan berhitung.

Itulah ragam jenis guru di Indonesia berdasarkan peraturan Kemendikbud. Jika dibagi berdasarkan sifat, pasti lebih beragam. Seperti guru humoris, guru killer, guru gaul, guru baperan, guru invisible, guru sahabat, dan lain sebagainya. Banyak cerita tentang guru di sekolah. Selamat hari guru sedunia!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*