Wow, Tanah di Mars Cocok untuk Pertanian

Foto ini diambil oleh kamera panorama Rover Spirit yang mengeksplorasi Mars. Gambar ini menunjukkan dataran Mars barat daya dari lokasi pendaratan alat jelajah. Tidak banyak variasi di permukaan Mars ini, meski terlihat tanjakan sekitar 7-8 km di cakrawala
Foto ini diambil oleh kamera panorama Rover Spirit yang mengeksplorasi Mars. Gambar ini menunjukkan dataran Mars barat daya dari lokasi pendaratan alat jelajah. Tidak banyak variasi di permukaan Mars ini, meski terlihat tanjakan sekitar 7-8 km di cakrawala (Reuters/NASA)
Sharing for Empowerment

WAGENINGEN, KalderaNews.com – Pada 2017 ada sejumlah temuan menarik terkait luar angkasa sepanjang 2017, salah satunya temuan bahwa tanah di Mars itu mungkin cocok untuk pertanian.

Temuan ini diutarakan ilmuwan Wieger Wamelink dari Wageningen University and Research (WUR) di Belanda. Karena temuan ini, kemungkinan manusia untuk hidup di Mars semakin besar.

Dalam eksperimen yang mereka lakukan pare peneliti berhasil membuat cacing tanah untuk berkembang biak di tanah Mars sintetis.

BACA JUGA:

Eksperimen mereka dimulai dengan penciptaan tanah Mars sintetis dari campuran kotoran babi batuan yang komposisi kimianya mirip dengan tanah di Mars. Awalnya, ilmuwan di Belanda ini menggunakan tanah Mars simulant yang didapat dari NASA.

Dalam eksperimen lengkapnya mereka menemukan bahwa cacing bekerja lebih baik di tanah Mars dibandingkan tanah Bumi.

Berdasarkan pada temuan ini, mereka membuat kesimpulan awal bahwa tanah di Mars mungkin cocok untuk pertanian karena cacing adalah hewan yang berperan penting dalam kesuburan tanah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*