Wow, Pelajar Indonesia di China Ternyata Jumlahnya 14.000

Pelajar Indonesia di China
Pelajar Indonesia di China (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNdews.com – Data terkini yang dirilis pemerintah China seperti dikutip dari South China Morning Post menyebutkan ada 14.000 pelajar Indonesia yang belajar di negara itu.

Jumlah yang banyak ini sejalan dengan peningkatan kuota beasiswa yang ditawarkan pemerintah China. Pada 2017 lalu saja, Beijing menggelontorkan beasiswa penuh pada 197 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin meraih gelar sarjana atau pascasarjana.

Chinese Service Centre for Scholarly Exchange menyebutkan jumlah orang Indonesia yang belajar di China telah meningkat 10 persen setiap tahun sejak 2010.

BACA JUGA:

Kuliah di China memang fenomena baru mengingat Indonesia di masa lalu memiliki sejarah konflik tidak hanya dengan China, tetapi khususnya soal studi bahasa China.

Dari 1967-1998, di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, sekolah-sekolah dan buku-buku berbahasa Mandarin dilarang. Berbagai perayaan termasuk festival Tahun Baru Imlek juga dilarang. Sayangnya, pelajar-pelajar yang lahir, meski sudah di era setelah Soeharto, masih ada sentimen anti-China.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*