Gamelan Jadi Mata Kuliah Idaman Mahasiswa di Seoul

Gamelan Jadi Mata Kuliah Idaman Mahasiswa di Seoul
Gamelan menjadi satu-satunya musik etnik asing yang diajarkan di Seoul Institute of the Arts (SIA) untuk tahun akademik 2019 dalam Gamelan World Music Program (KalderaNews/KBRI Seoul)
Sharing for Empowerment

SEOUL, KalderaNews.com – Gamelan kembali menjadi satu-satunya musik etnik asing yang diajarkan di Seoul Institute of the Arts (SIA) untuk tahun akademik 2019 dalam Gamelan World Music Program. Seoul Institute of the Arts merupakan sebuah konservatori seni bergengsi di Korsel dengan sejarah panjang lebih dari 57 tahun. Dalam empat tahun terakhir, SIA telah secara aktif bekerjasama dengan para seniman dan lembaga yang ada di Indonesia seperti program pertukaran pelajar dan dosen.

Dalam Gamelan World Music Program, SIA menggandeng KBRI Seoul untuk memberikan mata kuliah gamelan tersebut. Kerja sama ini sudah berjalan selama dua tahun terakhir. Pada semester Musim Gugur tahun 2018 terdapat 26 mahasiswa dari berbagai jurusan di Departemen Musik yang mengikuti program tersebut.

BACA JUGA:
Makna di Balik Festival Sarung Indonesia 2019
Inilah Daftar Lengkap Pemenang Putri Indonesia 2019
Inilah Profil Lengkap Frederika Alexis Cull, Pemenang Putri Indonesia 2019

Sedangkan pada semester musim semi tahun 2019, tak kurang dari 30 mahasiswa mengikuti kelas gamelan yang dimulai pada 13 Maret hingga pertengahan Bulan Juni 2019. Kelas tersebut dilaksanakan satu kali dalam seminggu. Pada akhir semester akan diadakan konser gamelan sebagai evaluasi pembelajaran.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*