Gamelan Jadi Mata Kuliah Idaman Mahasiswa di Seoul

Sharing for Empowerment

Bosul Kim selaku Program Director of CultureHub Seoul Institute of the Arts menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh pihak KBRI.

“Dengan adanya kerja sama ini, program Culturehub World Music dapat dilaksanakan setiap semester. Semakin banyaknya mahasiswa yang mengikuti program tersebut menunjukan tingginya minat para mahasiswa untuk mempelajari kebudayaan Indonesia khususnya musik gamelan,” ujarnya.

Duta Besar RI untuk Seoul, Umar Hadi menyampaikan bahwa gamelan mencerminkan nilai-nilai bangsa Indonesia yang menekankan kepada kekuatan kerja sama dan harmoni.

“Harmoni dalam gamelan diciptakan melalui penerapan disiplin dari setiap permainan instrumen. Prinsip yang sama berlaku untuk kehidupan kita yang eksistensinya senantiasa harus bergerak secara harmonis dengan orang lain, ” demikian ungkapnya seraya menggarisbawahi pentingnya pertukaran budaya untuk menjembatani saling pengertian antar Bangsa.

Dalam program “Culturehub World Music” Gamelan Indonesia menjadi satu-satunya musik dunia yang dipilih lantaran Indonesia dianggap sebagai mitra global yang paling aktif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*