Gamelan Jadi Mata Kuliah Idaman Mahasiswa di Seoul

Sharing for Empowerment

Program “Culturehub World Music” bertujuan untuk mempelajari budaya musik etnis dunia serta meneruskan tradisi dan mengembangkan bentuk seni baru. Hal ini dimanfaatkan oleh KBRI Seoul untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia serta menumbuhkembangkan minat masyarakat Korea Selatan untuk mempelajari musik tradisional Indonesia.

Pada pertemuan perdana, sebelum praktik belajar gamelan, mahasiswa diberikan pengetahuan dasar tentang gamelan seperti definisi, sejarah singkat, jenis dan fungsi gamelan. Selain itu mahasiswa juga mendapat pengetahuan umum tentang Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu upaya KBRI Seoul dalam menyampaikan diplomasi publik kepada para generasi muda Korea Selatan.

Selain bekerja sama dengan berbagai institusi di Korsel dalam promosi budaya Indonesia, terutama gamelan, sejak 2017 KBRI Seoul telah membuka kelas gamelan secara gratis untuk siapa pun yang ingin belajar dan mengenal tentang gamelan. Dua kelas gamelan yaitu untuk masyarakat Korsel dan untuk para WNI secara rutin berlatih pada hari Sabtu di KBRI Seoul. (JS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*