Tidak Lulus SNMPTN, Jangan Galau! Ini 4 Langkah Yang Bisa Kamu Ambil




JAKARTA, KalderaNews.com –  Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SNMPTN 2019 telah diumumkan. Kalian yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri tentu bergembira berhasil menggapai cita kuliah di universitas impian. Bagi kalian yang belum berhasil, jangan galau!

Tak lulus SNMPTN bukanlah akhir dari kisah kesuksesan kalian. Masih ada asa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Maka, janganlah sungkan berbincang dan menggali pengalaman dengan orang-orang yang sudah makan asam garam, seperti orangtua, guru, kakak kelas yang sedang kuliah, atau bahkan orang-orang di sekitar yang telah bekerja. Nah, berikut 4 langkah bagi kalian yang belum berhasil menembus SNMPTN.

Mengikuti Ujian Mandiri
Bagi yang masih bercita-cita kuliah di PTN, kalian bisa mengambil langkah mengikuti ujian mandiri. Segala informasi tentang hal ini bisa kalian cek di laman resmi PTN tersebut.

Tapi, biasanya beberapa PTN yang membuka jalur ujian mandiri memunggut biaya yang lebih mahal, mulai dari uang pangkal sampai uang per semester. Maka, kalian perlu membincangkan terlebih dahulu dengan orangtua atau keluarga.

Namun, jangan terlalu risau. Ada beberapa pihak yang memberikan bantuan dana berupa beasiswa bagi mahasiswa yang melalui jalur ujian mandiri.

BACA JUGA:

Memilih Vokasi dan Politeknik
Selain melalui jalur ujian mandiri di PTN, pendidikan vokasi atau politeknik atau akademi juga bisa menjadi pilihan. Bahkan beberapa PTN juga telah membuka pendidikan vokasi dan politeknik. Untuk pendidikan vokasi pada umumnya menyediakan jenjang pendidikan D3, politeknik, D1, dan D4.

Pendidikan ini memang lebih mengutamakan untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap bekerja. Sehingga, kerja praktik menjadi hal yang utama. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik terkadang juga menyediakan sistem ikatan dinas dengan sejumlah perusahaan mitra, sehingga lulusannya bisa langsung terserap di dunia kerja.

Kuliah di Perguruan Swasta
Melanjutkan pendidikan ke perguruan atau universitas swasta bisa menjadi pilihan bagi kalian yang tak lulus SNMPTN. Ada banyak perguruan swasta yang memiliki kualitas baik, bahkan bisa bersaing dengan PTN.

Sebelum memilih kuliah di perguruan swasta, kalian wajib mengecek akreditasi, fakultas dan jurusan, dan biaya yang diperlukan selama kuliah di perguruan swasta. Semua informasi itu biasanya ada laman resmi perguruan swasta tersebut. Tak semua perguruan swasta menerapkan biaya mahal, dan biasanya ada beasiswa yang bisa kalian ambil.

Mengulang SNMPTN
Ini juga bisa menjadi satu pilihan bagi kalian yang belum berhasil lulus tahun ini. Tidak ada salahnya mengulang SNMPTN tahun depan. Dan kalian tentu memiliki waktu yang lebih panjang untuk membuat persiapan lebih matang. Yang paling penting adalah fokus belajar agar mendapat hasil yang maksimal. Mengikuti bimbingan belajar atau kursus bisa menjadi pilihan, agar kalian tetap fokus belajar.

Kegagalan selalu memiliki cerita dan jadikanlah sebagai pengalaman. Kalian yang belum berhasil tahun ini, tentu bisa belajar dari ketidakberhasilan itu, sekaligus mengasah mental.

Jadi, jangan galau! Masih ada asa untuk menggapai pendidikan yang lebih tinggi. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*