Nyayu Aisyah: Bergelar Doktor di Usia 25 Tahun

Nyayu Aisyah Asal Palembang, Sumatera Selatan
Nyayu Aisyah Asal Palembang, Sumatera Selatan (KalderaNews/FT UI)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Nyayu, begitu gadis Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) asal Palembang, Sumatera Selatan, biasa disapa. Gadis berusia 25 tahun itu baru saja menyandang gelar doktor di usia muda.

Sukses mempertahankan disertasi “Analisis dan Optimalisasi Sistem Pompa Panas dan Pendingin yang Ramah Lingkungan”, Nyayu Aisyah pun menyandang gelar doktor termuda dari FT UI dan sebagai doktor ke-62 Teknik Mesin UI sekaligus doktor ke-322 FT UI. Ia menggondol predikat cum laude dengan IPK 3.90 dari skala 4.00.

Beberapa prestasi dan aktivitas akademik yang disematkannya yakni publikasi 7 artikel pada beberapa jurnal internasional terindex scopus, mengikuti 5 konferensi internasional di beberapa negara.

BACA JUGA:

Topik disertasi Nyayu berkaitan isu energi berbahan dasar fosil yang merupakan energi terbarukan ramah lingkungan. Ia mencoba membuat satu model baru dengan multiobjektif algoritma genetika untuk mendapatkan kondisi optimal dari sistem dimodelkan.

Selidik punya selidik, Nyayu adalah 1 dari 4 peraih beasiswa PMDSU (Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) Batch II dari Kemenristekdikti di FT UI.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*