Dubes RI untuk AS yang Baru Hadiri Indonesia Luncheon di Iowa

Sharing for Empowerment

Indonesia juga memperlihatkan capaian ekonomi yang mengesankan dan berhasil mempertahankan ekonomi yang vibrant dan mencapai pembangunan infrastruktur di luar Jawa yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia saat ini, disamping pendidikan dan kesehatan.

Dalam 6 tahun terakhir pertumbuhan ekonomi berjalan stabil, berkisar antara 5,1%-5,2% per tahun, yang akan terus berlanjut di masa mendatang. Demikian juga dengan tingkat inflasi yang rendah, yaitu 3% dalam beberapa tahun terakhir serta diharapkan akan lebih rendah lagi, serta berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 9%”, kata Duta Besar Siregar.

Mengenai hubungan kedua negara, ia mengatakan Indonesia dan Amerika Serikat memiliki hubungan strategis yang sangat kuat dan sangat stabil. Tahun ini hubungan diplomatik kedua negara mencapai usia 70 tahun, yang secara resmi berlangsung sejak 28 Desember 1949, dimana Amerika Serikat merupakan salah satu negara utama yang mendukung kemerdekaan RI.

Indonesia dan Amerika Serikat telah memiliki hubungan strategis yang baik di bidang politik dan pertahanan, terangnya,namun masih harus ditingkatkan lagi di sektor perdagangan dan investasi. Terdapat potensi besar di sektor pertanian dan holtikultura dan industri turunannya yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh kedua pihak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*