Kamu Tidak Lulus SBMPTN, Masih Bisa Ikut Jalur Mandiri Kok!

SBMPTN (Antarafoto)
SBMPTN (Antarafoto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com– Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menganjurkan calon mahasiswa yang tidak lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tak berkecil hati. Mereka, ucapnya, bisa mengikuti Ujian Mandiri, bahkan diperkenankan juga pindah kampus.

“Misal begini, kamu daftar SBMPTN di UI dan ITB, tapi tidak diterima di keduanya. Lalu kamu mau pindah ke Undip. Itu boleh,” ujarnya.

BACA JUGA:

Bahkan apabila ada peserta didik yang sudah lulus SBMPTN namun tidak mengambilnya, mereka tetap diperkenankan mengikuti Ujian Mandiri. “Sebenarnya secara etika tidak boleh, tetapi karena tak ada larangan tertulis, ya boleh saja. Misal begini, saya ikut-ikutan teman ambil UJ, terus mau pindah ke UI, ya silahkan,” ujarnya.

Namun yang perlu diperhatikan, menurutnya, Jalur Mandiri tetap mempertimbangkan atau menggunakan nilai UTBK. Perihal ujian mandiri menjadi kewenangan masing-masing universitas. LTMPT tidak memiliki kewenangan apapun dalam proses pelaksanaannya. “Kami hanya memberikan nilai UTBK yang bisa digunakan untuk Ujian Mandiri.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*