Masyarakat Bali di Jerman Rayakan Galungan di Pura Tri Hita Kirana Gärten der Welt

Masyarakat Bali di Berlin, Jerman
Masyarakat Bali yang tinggal di Berlin juga ikut melakukan ritual persembahyangan Galungan lengkap dengan baju adat dan kain kamen di Pura Tri Hita Karana yang terletak di dalam salah satu taman terbesar di Ibu Kota Jerman, Gärten der Welt (KalderaNews/KBRI Berlin)
Sharing for Empowerment

BERLIN, KalderaNews.com – Ritual Hari Raya Galungan tak hanya dirayakan di Bali. Di Jerman, masyarakat Bali yang tinggal di Berlin juga ikut melakukan ritual persembahyangan, lengkap dengan baju adat dan kain kamen.

Berbeda dari yang lain, upacara Galungan di Berlin ini, diselenggarakan di Pura Tri Hita Karana yang terletak di dalam salah satu taman terbesar di Ibu Kota Jerman, Gärten der Welt. Lokasinya tepat di sebelah kiri dari pintu masuk utara Taman ini. Layaknya taman yang terbuka untuk umum, saat ritual dilaksanakan banyak para pengunjung taman yang juga ikut menyaksikan.

Saat berada di pura ini, suasananya tidak lagi seperti di Jerman, melainkan persis seperti di Bali. Pasalnya Pura yang berada di dalam Balinesischer Gärten (Taman Bali) ini didisain dengan atmosfir yang sama dengan di Bali. Mulai dari suhunya, kelembaban udaranya sampai pada bangunan dan tanaman-tanaman yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA:

Taman Bali ini dibangun di dalam rumah kaca sehingga suhu dan kelembaban udara dirancang serupa dengan iklim tropis. Oleh sebab itu rumah kaca Taman Bali ini juga disebut sebagai Hall Tropis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*