Tim Indonesia Baru Raih Perak dan Perunggu di Olimpiade Astronomi Hungaria

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Perolehan medali dalam Team Competition menunjukan bahwa siswa kita juga mampu bekerjasama secara aktif dengan rekan-rekan tim-nya dari berbagai negara.

Perolehan medali emas didominasi oleh siswa dari Rusia, sedangkan negara asia yang siswanya memperoleh medali emas adalah Cina, India dan Vietnam. Siswa dari Vietnam secara mengejutkan menjadi Absolute Winner dari IOAA ke-13, dan menorehkan prestasi yang amat baik dari negara yang baru 4 tahun mengikuti IOAA sejak tahun 2016.

Dikethaui, sekitar 270 siswa yang berasal dari 47 negara telah berpartisipasi pada IOAA kali ini. Ada tiga negara yang baru pertama kali berpartisipasi dalam IOAA yaitu Ecuador, Jerman dan Turki. Sedangkan 8 negara seperti Republik Ceko, Hungaria, Romania, Rusia, Iran, Ukraina, USA dan Vietnam masing-masing mengirimkan dua tim.

Selama sepuluh hari, para siswa mengikuti tiga ronde utama yang diperlombakan dalam ajang ini. Ronde analisa data dan ronde teori dilaksanakan di Csokonai Sports Hall pada tanggal 4 dan 6 Agustus 2019, sedangkan ronde pengamatan yang terdiri atas dua bagian yaitu Night Observation dan Planetarium Round dilaksanakan pada tanggal 4 (malam) dan 7 Agustus di lapangan dan aula asrama siswa. Pengamatan langit malam berhasil dilaksanakan dengan baik. Langit cerah dan semua siswa berhasil melaksanakan tes dengan baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*