Berikut ini 11 Tips Menyiapkan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Tips Beli Mobil Baru
Ilustrasi Mobil Baru
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Libur panjang, libur akhir pekan atau tugas dinas keluar kota dengan kendaraan mobil pribadi perlu persiapan yang matang.

Jangan sampai liburan atau perjalanan kamu menjadi terganggu di tengah perjalanan, entah karena mogok atau hal-hal yang tak diinginkan, karena masalah kendaraan. Lebih dari itu, tentu saja demi keselamatan.

BACA JUGA:

Oleh sebab itu, persiapan mobil itu sangat penting. Berikut ini 11 tips mengecek dan menyiapkan mobil sebelum kamu melakukan perjalanan jauh:

1. Oli Mesin
Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F dan seharusnya sedikit di bawah garis level F, jika kurang tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli kamu masih cukup untuk jarak yang akan kamu tempuh.

2. Air Radiator
Pastikan air radiator mobil kamu dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti guna menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*