Indonesia Kekurangan Ahli Coding Makanya…

Ilustrasi Coding milik Programmer
Ilustrasi Coding (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Indonesia perlu menambah jumlah tenaga ahli di bidang coding karena sangat vital untuk mengembangkan industri digital dalam negeri. Kebutuhan tenaga ahli coding semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan positif industri digital dalam beberapa tahun terakhir.

Sayangnya, SDM Indonesia yang unggul dalam coding masih minim. Faktanya, beberapa perusahaan startup digital masih menggunakan programmer dari negara lain.

Tantangan yang harus segera dipenuhi adalah diperlukannya SDM unggul Indonesia, sebagai tenaga ahli coding berkualitas, sehingga mampu memenuhi kebutuhan jumlah programmers bagi industri digital dalam negeri maupun untuk dapat bersaing di tingkat global.

BACA JUGA:

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang P.S. Brodjonegoro pun mendesak pelatihan (kursus) coding harus menjadi lebih massal, karena saat ini Indonesia masih kekurangan SDM unggul di bidang ini.

Diakuinya, tenaga ahli coding sangat penting bagi sustainability perusahaan digital. Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain dalam menghadapi revolusi industri ke-4, jika generasi millenials mampu mengadopsi dan menguasai teknologi 4IR yang sedang berkembang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*