Waspada, Cuaca Esktrem Saat Liburan Tahun Baru

Ilustrasi: Cuaca ekstrem saat liburan. (Ist.)
Ilustrasi: Cuaca ekstrem saat liburan. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Libur masih panjang ya, Gaes! Jika kamu liburan ke luar kota, harap berhati-hati dengan cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia ya. Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 74 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim penghujan. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, distribusi curah hujan yang cukup signifikan di berbagai wilayah, seperti Sumatera, Kalimantan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA:

Kondisi ini, lanjut Dwikorita, diakibatkan ada faktor dinamika atmosfer skala regional dan lokal. Dinamika atmosfer itu karena ada moonson Asia yang mulai menunjukkan aktivitas signifikan, sehingga bisa menyebabkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, perlambatan, dan belokan angin di beberapa wilayah. Suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia juga masih hangat. Hal itu mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, bahkan memicu terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah. Cuaca ekstrem yang dimaksudkan BMKG, yaitu potensi bencana hidrometeorologi.

“Hujan biasanya terjadi menjelang siang hingga sore,” ujar Dwikorita. Maka, BMKG menyarankan agar masyarakat senantiasa waspada dengan hujan lebat yang mengarah ke cuaca ekstrem. “Jika hujan disertai dengan angin kencang dan kilat atau petir, jangan berlindung di bawah pohon atau baliho yang tinggi,” saran Dwikorita. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*