Karena Alam Hanya Menjalani Fitrahnya

Sharing for Empowerment
Polder system di Belanda (Foto: Edward Burtynsky)
Polder system di Belanda (Foto: Edward Burtynsky)

Waterschap adalah contoh sebuah solusi yang dirumuskan dan dijalankan bersama. Waterschap lahir dari KESADARAN dan introspeksi diri terhadap masalah yang dihadapi. Waterschap adalah contoh sebuah demokrasi yang bertanggung jawab. Demokrasi yang bukan hanya menuntut dan mengkritik, bukan sekedar freedom of speech tapi juga tentang partisipasi aktif dan kontribusi langsung.

BACA JUGA:

Kesadaran akan hidup dengan bencana juga sudah ditanamkan di Belanda sejak dari kecil. Bagi negara yang tantangannya bukan hanya sungai namun juga laut, bencana alam harus disikapi sebagai bagian dari keseharian. Hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan tentang tata kelola air dan sikap resiliensi terhadap hal-hal yang kurang menguntungkan juga sudah diperkenalkan sejak anak-anak.

Fitrah

Bencana alam adalah usaha alam untuk mencari kesetimbangan sesuai dengan fitrahnya. Air ya sudah pasti mengalir ke tempat yang lebih rendah. Ketika bertemu dengan luas resapan air yang cukup ya masuk lah dia. Namun kalau daerah resapan air sudah berubah  menjadi pemukiman yang atas bawahnya berbalut beton maka perlahan namun pasti akan terjadi genangan. Ya.. alam hanya menjalani fitrahnya!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*