Belajar Jurnalisme Bisnis dari Ida Tarbell

Sharing for Empowerment

Munculnya karya jurnalistik Ida Tarbell mengangkat pamor JB di Amerika Serikat.  Di tangannya, JB memiliki signifikansi dan berhasil menjangkau publik yang lebih luas. (Selanjutnya, ketenaran JB  mencapai puncaknya pada tahun 1990-an, ketika pesatnya perkembangan investasi di bursa saham AS, yang menjalar ke berbagai penjuru dunia).

Ida Tarbell berhasil mengatasi berbagai tantangan JB yang seakan menjadi klasik itu. Lewat karya jurnalistiknya, JB  tidak hanya memainkan peran sebagai pencatat (chronicler), tetapi juga  watchdog. Lebih jauh,   stigma negatif JB yang dicap elitis, hanya dibaca oleh kalangan terdidik yang terbatas, dapat dihalau. Ida Tarbell membuktikan bahwa berita bisnis dapat ditulis dalam bahasa yang mudah dimengerti. Liputan-liputannya menjadi pendongkrak naiknya tiras McLure’s Magazine.

Teladan Ida Tarbell

Bagaimana Ida Tarbell dapat sampai ke titik itu, telah banyak buku yang mengisahkannya. Di antaranya, sebuah buku yang terbit tahun 2008 ditulis oleh Steve Weinberger, Taking on the trust: the epic battle of Ida Tarbell and John D. Rockefeller. Dari membaca kisah hidup dan karier Ida Tarbell, saya melihat paling tidak ada delapan esensi keberhasilan JB.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*