Menyusuri Adat Kelola Hutan Bersama Dayak Iban di Betang Sungai Utik

Rumah Betang Sungai Utik. (kalderanews.com/y.prayogo)
Rumah Betang Sungai Utik. (kalderanews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

PUTUSIBAU, KalderaNews.com – Berkunjung ke Rumah Panjang atau Rumah Betang Sungai Utik merupakan pengalaman yang tak bisa dihapus begitu saja dari ingatan. Untuk mencapai Rumah Panjang ini butuh perjalanan yang cukup panjang.

BACA JUGA:

Jika memakai jalur darat, perjalanan dari Pontianak, ibukota Kalimantan Barat menuju Putusibau, mesti ditempuh sejauh 647 kilometer atau sekira 24 jam perjalanan darat. Itupun jika tidak ada aral melintang di jalan, seperti air sungai pasang, pohon tumbang, atau yang lain.

Jika tak mau lelah, perjalanan bisa menggunakan pesawat terbang dari Bandar Udara Supadio Pontianak menuju Putusibau. Tiket pesawat tentu harus dipesan terlebih dahulu, lantaran jalur ini termasuk cukup padat. Dari Putusibau, perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar dua jam menuju Rumah Betang Sungai Utik.

Di sekitar Rumah Betang Sungai Utik tak ada hotel atau penginapan. Hotel paling dekat berada di Putusibau, yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dengan mobil. Namun tak perlu khawatir, penghuni Rumah Betang Sungai Utik pasti akan amat senang jika tamu menginap di bilik mereka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*