Mau Kuliah Gratis dan Mendapatkan Rp 700 Ribu per Bulan? Ini Penjelasan Lengkap KIP Kuliah

Tampilan Laman resmi KIP Kuliah
Tampilan Laman resmi KIP Kuliah (KalderaNews/Y. Prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Melalui Program Indonesia Pintar di tahun 2020, pemerintah akan memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi, termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. KIP Kuliah menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik. KIP Kuliah bagi mahasiswa Afirmasi akan diatur dengan pedoman dan ketentuan tersendiri.

BACA JUGA:

Pada 2020, pemerintah melalui Kemendikbud juga akan memperluas sasaran beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi kepada 818 ribu mahasiswa melalui KIP Kuliah, termasuk penerima bidikmisi on going sampai masa studi selesai. Untuk 2020, pemerintah menargetkan penerima KIP Kuliah sejumlah 400.000 penerima baru. Selain itu KIP Kuliah juga akan lebih banyak memberi akses kepada pendidikan vokasi.

KIP Kuliah (repro: kalderanews.com/prayogo)

Persyaratan penerima KIP Kuliah:

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik, tapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Persyaratan penerima KIP Kuliah:




5 Comments

  1. Saya sudah lulus di politeknik negeri kupang tetapi tidak lulus kip kuliah apakah masih ada upaya yang bisa saya lakukan untuk bisa memperoleh kip kuliah

  2. Apa untuk lulusan SMA 2016 tidak bisa daftar kuliah pakai jalur kip?. Saya dan teman saya minat sekali mau kuliah di kesehatan, tetapi tidak ada kartu kip kami lulus 2016 SMA. Apa ada solusi min?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*