KIP-Kuliah Eksklusif untuk “Fakir Miskin”, Jangan Palsukan Data, Berikut 3 Langkah Daftar DTKS

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Beasiswa ADik 2020
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Beasiswa ADik 2020 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – KIP-Kuliah ditujukan secara eksklusif hanya untuk yang tidak mampu secara ekonomi. Siswa yang secara akademik unggul tapi mampu secara ekonomi tidak diperkenankan mendaftar.

Penting dicamkan setiap orang dilarang memalsukan data fakir miskin baik yang sudah diverifikasi dan divalidasi maupun yang telah ditetapkan oleh menteri, demikian  Undang-Undang No 13 Tahun 20100 Pasal 11 Ayat (3).

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

BACA JUGA:

Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Lalu bagaimana cara mendaftar secara mandiri supaya terdaftar sebagai fakir miskin di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga layak mendapatkan bantuan sosial, program pemberdayaan, seperti halnya KIP Kuliah?




7 Comments

  1. Pak, saya terdaftar di DTKS dan tidak memiliki KIP, dan pada saat mendaftar di KIP kuliah, saya diminta untuk memasukkan nomor KIP sedang kan saya tidak memiliki KIP bagaimana saya bisa mendapatkan nomor kip itu??

  2. Assalamu’alaikum . Selamat siang. Pak, saya terdaftar di BDT/BTKS tetapi saya tidak mempunyai KARTU KIP.
    Dan juga saya terdaftar di kabupaten yang berbeda dengan kabupaten saya tinggal sekarang. Saya terdaftar di kabupaten tapnuli yengah sekarang saya sudah pindah ke kabupaten aceh singkil. Apa bisa ngurus KIP KULIAH pak?
    Mohon bantuan dan solusinya pak?

  3. Assalamu’alaikum pak
    Bagaimana bagaimana solusinya buat saya yang tidak terdaftar di bdt/dtks dan juga tidak memiliki kartu kip serta kartu bansos lainnya
    Sekian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*