Simak! Inilah 7 Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi Bagi Kamu yang Ingin Daftar KIP Kuliah 2024

Kiat Mahasiswa Baru
Ilustrasi: Kiat Mahasiswa Baru
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Yuk cek di sini, 7 dokumen pendukung keadaan ekonomi bagi kamu yang ingin mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) Kuliah 2024.

Bagi calon mahasiswa yang mau mendapatkan bantuan dari program KIP Kuliah, maka mesti memenuhi beberapa persyaratan dokumen pendukung.

Mengingat KIP Kuliah ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, maka siswa dapat memberikan beberapa dokumen pendukung keadaan ekonomi.

BACA JUGA:

Dokumen pendukung keadaan ekonomi ini penting untuk membuktikan bahwa kamu berasal dari keluarga kurang mampu dan layak jadi penerima KIP Kuliah 2024.

Dengan dokumen ini, datamu akan diverifikasi dan divalidasi lagi oleh perguruan tinggi sebelum akhirnya menentukan kelolosan jadi mahasiswa penerima KIP.

Lalu apa saja dokumen pendukung keadaan ekonomi yang dibutuhkan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024?

7 dokumen pendukung ekonomi KIP Kuliah 2024

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah Bukti dokumen bahwa mahasiswa berasal dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  2. Bukti bahwa keluarga masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  4. Bukti diri masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
  5. Surat keterangan sebagai anak panti jika mahasiswa berasal dari panti sosial/panti asuhan.
  6. Bukti pendapatan kotor gabungan orangtua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000
  7. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimal tingkat desa/kelurahan.

Itulah 7 dokumen pendukung keadaan ekonomi bagi siswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2024. Catat baik-baik dan jangan sampai ada yang ketinggalan, ya!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*