Pesantren Hijau Kini Hadir di Pesantren Al-Manar Azhari Depok

Workshop Pesantren Hijau di Pesantren Al-Manar Azhari Depok, 5-6 Maret 2020 bersama santri SMP dan ustadz-ustadzah pendamping
Workshop Pesantren Hijau di Pesantren Al-Manar Azhari Depok, 5-6 Maret 2020 bersama santri SMP dan ustadz-ustadzah pendamping (KalderaNews/LPBI NU)
Sharing for Empowerment

DEPOK, KalderaNews.com – Setelah sebelumnya program Pesantren Hijau dilakukan di Pesantren Daarul Quran di Tangerang, kali ini program yang sama dilakukan di Pesantren Al-Manar Azhari Depok di Jawa Barat.

Program yang diiniasi Lembaga Penanggulangan dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) dan Alumni Grant Scheme (AGS) Australia ini menyasar pesantren karena institusi ini sangat efektif sebagai perubahan sosial dalam melakukan sosialisasi mitigasi bencana melalui kesadaran lingkungan salah satunya dengan Program Pesantren Hijau.

Ada lima indikator Pesantren Hijau yang digalakkan, yakni menyediakan media kampanye ramah lingkungan, pengelolaan sampah berbasis Bank Sampah Nusantara (BSN), komposting dan 3R, pengelolaan sampah plastik melalui Ecobrick, ruang terbuka hijau untuk kebun organik, dan pengelolaan limbah air pesantren.

BACA JUGA:

Workshop Pesantren Hijau di Pesantren Al-Manar Azhari Depok dilakukan pada 5-6 Maret 2020 bersama santri SMP dan ustadz-ustadzah pendamping.

Ketua Yayasan Pesantren Al-Manar Azhari, Maky Manar menekankan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan yang hal tersebut akan berdampak bagi kesehatan manusia. Karena itu, ia sangat menyambut baik kegiatan ini dan berharap akan mengubah pola hidup santri yang lebih ramah lingkungan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*