Etiket Menulis di Saat Bencana

Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta.
Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

Oleh: Eben E. Siadari *

Bencana adalah peristiwa unik dan mengundang rasa ingin tahu. Nilai beritanya besar. Keinginan untuk melaporkan dan menuliskannya juga tidak kalah besar.

Para wartawan selalu dibekali sejumlah panduan dalam melakukan reportase maupun menulis berita bencana. Mulai dari panduan teknis –semisal informasi apa yang perlu dikumpulkan, bagaimana alur tulisan, diksi – maupun hal nonteknis jurnalistik lainnya.

Berikut ini beberapa etiket reportase dan menulis berita bencana.

1). Sensitifitas

Para wartawan selalu dianjurkan untuk mengedepankan sensitifitas saat melaporkan bencana dan kematian yang disebabkannya. Wartawan harus peka terhadap perasaan penderita/korban dan keluarga mereka.

BACA JUGA:

Ketika bertatap muka (misalnya untuk wawancara), maupun ketika menuliskan laporan, wartawan harus peka terhadap perasaan terluka mereka. Kepekaan itu ditunjukkan bukan hanya dalam gesture saat bertanya, saat menyapa, juga dalam diksi ketika menuliskannya.

2). Peka Dalam Menyebut Nama

Dalam peristiwa bencana akan jatuh korban. Sebagai wartawan, Badu mungkin mengetahui nama-nama mereka. Dalam tabrakan lalu lintas, misalnya, Badu melihat seseorang yang dia kenal telah menghembuskan nafasnya yang terakhir di TKP. Naluri jurnalistik Badu akan menodorongnya menyuarkannya secara lengkap bahkan secara pandangan mata segera. Namun secara etika, Badu sebaiknya tidak menyebut nama korban sampai keluarganya diberitahu. Ini sangat penting.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*