Inilah 8 Buku yang Berkisah Tentang Kartini, Pramoedya Pun Menulis

Ilustrasi: Buku-buku tentang Pahlawan Nasional, R.A.Kartini. (Ist.)
Ilustrasi: Buku-buku tentang Pahlawan Nasional, R.A.Kartini. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com —  Masa hidupnya begitu singkat, 25 tahun. Namun, meskipun singkat R.A. Kartini banyak menulis. Ada ratusan surat yang telah ia tulis untuk sejumlah sahabatnya di Negeri Belanda. Tema tulisannya pun beragam, mulai dari kondisi sosial masyarakat, kungkungan budaya yang dialami perempuan Jawa, pandang tentang agama, serta yang lain.

BACA JUGA:

Beberapa goresan pena Kartini pernah mewarnai majalah wanita Belanda, De Hollandsche Lelie. Tapi, hingga ia wafat tak ada buku yang ia tulis. Padahal, sang suami terus mendukung Kartini agar menuliskan pemikiran dalam buku.

Tujuh tahun setelah kematiannya pada 1904, buku pertama tentang Kartini terbit. Menyusul buku-buku lain di masa-masa berikutnya. Bahkan sampai kini, sosok Kartini masih menyimpan aneka inspirasi untuk ditulis. Sudah ratusan buku tentang Kartini diterbitkan.

Nah, berikut beberapa buku yang mencatat sosok putri sejati ini:

Door Duisternis tot Licht (1911)

(foto.Ist.)

Door Duisternis tot Licht merupakan tajuk buku berbahasa Belanda yang berarti “Dari Kegelapan Menuju Cahaya”. Ini merupakan judul buku yang berisi kumpulan surat Kartini untuk sahabat penanya di Eropa. Buku ini menarik perhatian masyarakat Belanda, sampai mengubah pandangan mereka terhadap perempuan Jawa. Buku ini diterbitkan atas prakarsa J.H. Abendanon, Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, setelah mengumpulkan 108 pucuk surat yang dikirimkan Kartini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*